Gemericik air yang turun menghadirkan angan yang melukis senyummu. Kala itu.

Jumat, 06 Maret 2015

Resume Buku The Divine Message DNA Tuhan Dalam Gen Kita Bab 3 dan 4



NAMA            : FAUZTA NORMA AYU ANGGRIANI
NIM                : 14670011
KELAS           : FARMASI A

Resume Buku The Divine Message DNA Tuhan Dalam Gen Kita
Penulis: Kazuo Murakami, Ph.D.

Materi 2

BAB 3
Sikap dan Lingkungan Dapat Mengubah Gen Anda

Lingkungan Baru Dapat Beraksi sebagai Katalis
            Universitas-universitas di Jepang juga mematuhi sebuah system hierarki yang ketat. Universitas-universitas itu kini tengah diserang habis-habisan karena kepatuhan tanpa batas pada adat kebiasaan, filosofi ketenangaan dengan hargaa berapa pun, dan pendekatan birokrasi yang ditujukan semata-mata untuk menyelamatkn diri.
            Pada masa itu, para professor berdiri dengan kukuh di puncak hierarki universitas diikuti oleh asisten professor, dosen, asisten, peneliti, dan akhirnya mahasiswa. Saat itu, Kazuo percaya bahwa Ia cukup puas berada di strata terendah seumur hidupnya. Untungnya, Ia diberi kesempatan untuk pergi ke Amerika Serikat. Walaupun Amerika adalah sebuah masyarakat yang sangat kompetitif dibandingkan dengan Jepang, tempat itu sngat cocok bagi Kazuo, dan Ia pun menemukan dirinya berubah menjadi seseorang yang ambisius.
            Seperti yang kita lihat dalam dalam gen penghasil E. coli tidak diberi makan apapun kecuali laktosa, gen yang sebelumnya dormanpun dapat dipicu untuk beraksi jika dihadapkan dalam lingkungan yang baru. Gen langsung bekerja seolah mereka telah menunggu-nunggu kesempatan ini. Sebuah rangsangan baru di lingkungan yang baru dapat menyebabkan transformasi mendadak. Orang Jepang sering berkata, “Ubah kelakuanmu, dan paksa dirimu!”. Perubahan pola piker ini dapat membangunkan gen-gen yang sebelumnya tidak pernah kita ketahui ada di dalam diri kita.
            Professor-profesor di Amerika selalu mampir untuk bertanya kepada para staf peneliti, “Ada yang baru?” Dalam penelitian ilmiah, kita terhitung beruntung jika mendapatkan sesuatu yang baru bahkan sekali dalam setahun. Adanya perkembangan dalam waktu yang begitu singkat hamper tidak mungkin, tetapi para professor dalam lingkungan baru Kazuo begitu fanatic untuk terus mendapatkan informasi terakhir. Ia menyadari bahwa dedikasi seperti itu penting dalam bidang penelitian ilmiah yang begitu kompetitif. Seperti dalam dunia sumo, selama kita menang, kedudukan kita akan terus naik, tetapi bahkan seorang yokozuna yang memegang tempat terhormat di puncak hierarki akan dipaksa pension jika mengalami kekalahan beruntun.

Pertumbuhan Terjadi dengan Adanya Perpindahan
            Dari pengalaman Kazuo, Ia mempelajari bahwa saat menghadi jalan buntu, akan berguna jika kita berlaku berani dan mengubah lingkungan kita. Bagi manusia, pertumbuhan dicapai melalui perpindahan. Kita mungkin pernah mendengar mahasiswa-mahasiswa yang berubah menjadi bertanggung jawab begitu mereka tinggal di asrama, walaupun nyatanya  mereka tidak pernah mengerjakan apapun maupun belajar saat masih tinggal di rumah. Pada umumnya, orang-orang cenderung tumbuh ke depan dan bukan ke belakang. Universitas-universitas di Amerika menyediakan kesempatan bagi para professor untuk melepaskan diri dari tempat kerja mereka dan menemukan ide-ide dan topic penelitian yang baru.
            Bagi Susumu Tonegawa, perpindahan telah membawanya pada Hadiah Nobel dan Ia benar-benar menonjolkan bidangnya dalam jurusan biologi molekuler di pendidikan S2-nya di Amerika Serikat.  Setelah dari Eropa, Ia membawa penelitian yang membawa terobosan. Kemudian ia meluncurkan sebuah proyek penelitian baru, dan akhirnya menerima Hadiah Nobel.
            Kazuo menyarankan untuk melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari agar dapat terinspirasi dengan ide-ide baru. Jika kita terus tinggal di satu tempat dan melakukan pekerjaan yang sama tanpa megubah lingkungan kita atau orang-orang yang berinteraksi dengan kita, semua yang lain akan tetap statis, termasuk sudut pandang kita. Jika terus berada dalam lingkungan yang sama tanpa pernah merasa salah-tempat, kita tidak akan pernah mengetahui kehidupan di baliknya. Lepaskanlah kebiasaan kita secara teratur agar menjadi segar dan diperbarui, baik jasmani maupun rohani.
            Adanya perubahan lingkungan dapat membut kita melihat hal-hal baru dan menjadi permulaan dari sebuah kehidupan yang baru. Suatu hari, Dr. Stanley Cohen menerobos masuk ke lab Kazuo dan berseru, “Sepertinya saya telah menghasilkan sebuah penemuan besar. Hormone ini tidak hanya mengontrol pertumbuhan, tetapi juga mempengaruhi tekanan darah. Bagaimana jika Anda membantu riset saya ?” Karena saat itu belum menghasilkan penelitian yang berarti, Kazuo merasa tidak dapat menolak permintaannya, maka Kazuopun menghabiskan waktu satu tahun untuk mempelajari apakah hormone pertumbuhan tersebut dan hormone yang meningkatkan tekanan darah adalah zat yang sama. Yang mereka temukan setelah satu tahun penelitian adalah bahwa Cohen telah melakukan suatu kesalahan. Walaupun Ia menglaim bahwa hasil ekstrak miliknya adalah murni, ternyata sesungguhnya terdapat sejumlah kecil zat lain di dalamnya, yaitu enzim rennin, yang diketahui sebagai penyebab utama hipertensi. Berkat penelitian tersebut, Kazuo mulai mempelajari enzim renin dan di kemudian hari menjadi orang pertama yang memecahkan kode genetic dan renin manusia. Di kemudian hari, Kazuo menyadari bahwa sebagian besar ilmuwaana menghindari penelitian yang bertujuan mengidentifikasi sifat asli renin disebabkan banyaknya risiko yang terkait.
            Semua usaha yang telah dilakukan para ilmuwan terkenal untuk memurnikan renin, yang telah berjalan selama satu dekade selalu gagal. Sebagai akibatnya, enzim itupun memiliki reputasi yang buruk diantara para ilmuwan. Meneliti subjerk tersebut dianggap sebagai hal yang tabu. Banyak ilmuwan yang telah mencoba dan gagal,
            Begitu Kazuo memulai, beberapa orang menasehati agar menghindari penelitian tersebut. Namun, jelas bahwa karena Kazuo membantu Cohen, Ia mengubah lingkungan penelitiannya dan hasilnya adalah kehidupan yang baru.
           
Informasi Dapat Mengubah Hidup Kita
Selain perubahan lingkungan, informasi adalah factor lain yang dapat mengubah hidup kita. Maksudnya adalah informasi yang didapat secara langsung dari percakapan pribadi, sumber yang sering terabaikan.
            Informasi dalam dunia ilmiah terdiri dari dua macam: informasi resmi yang tersedia dari sumber-sumber yang asli dan terpercaya, dan informasi yang tidak resmi yang didapat dari sumber-sumber berupa kenalan pribadi. Dalam situasi penelitian, jenis kedua itu sering menjadi sangat penting. Berdasarkan pengalaman Kazuo, semakin ahli sang ilmuwan, semakin besarlah yang Ia lakukan agar menjadi yang pertama mendapatkan informasi terpercaya yang belum dipublikasikan. Bertemu sebanyak mungkin orang, baginya jauh lebih penting daripada makan.
            Salah seorang professor menyatakan bahwa sepotong informasi dapat mengubah seluruh hidup seseorang.. banyak cara lain untuk membuat jaringan dan mengumpulkan informasi. Apapun minat dan hasrat kita, dengan aktif dalam sebuah komunitas yang memiliki kesamaan minat dengan kita atau organisasi professional member kesempatan kepada kita untuk membangkitkan gen dan membangun potensi kita. Bertukar informasi melalui hubungan pribadi dapat mengubah hidup kita, jadi jangan biarkan kesempatan tersebut terlewatkan.

Nilai Kerja Sama
            Sebuah aspek lain dari lingkungan yang membantu menyalakan gen-gen bermanfaat adalah llingkungan yang menghargai kerja keras. Bagi para ilmuwan, kesempatan untuk mendapat sorotan adalah ketika hasil penelitian mereka dipublikasikan. Walaupun sebagian orang berusaha dengan rajin, prestasi mereka bisa tidak dikenal hanya karena nama mereka ditulis di bagian bawah. Penting untuk diingat bahwa menjadi diakui adalah sebuah elemen penting untuk memastikan bahwa seluruh kelompok dapat mencapai tujuannya. Jika prestasi dan kualitas tidak dihargai, kita akan merasakan moral kelompok kita menurun. Memberi imbalan terhadap kerja keras dan perbuatan baik dan dengan memelihara semangat kerja sama adalah cara terbaik untuk menjaga agar kelompok kita berjalan dengan lancar.

Melatih “Memberi-dan-Memberi”
            Adalah cara efektif untuk menyalakan gen kita. Sebagian besar orang percaya bahwa memberi dan menerima adalah dasari dari semua hubungan antarmanusia, dan memnag benar bahwa kebanyakan hubungan pribadi dan bisnis yang sukses didasari oleh prinsip ini. Jika kita menyalakan gen kita, sikap member-dan-memberi jauh lebih efektif. Dengan memberi, selanjutnya akan mengaktifkan gen yang bermanfaat bagi kita. Penelitian akan organism hidup menjelaskan satu hal: kepala bukanlah bagian penting dari tubuh. Malahan, tidak ada hierarki, karena setiap bagian menjalankan peran yang tak tergantikan. Cara yang paling baik untuk mengelola organisasi adalah demgan menjalankan semua organ dan jaringan agar membentuk sebuah organism yang hidup.

Untuk Dapat Membngkitkan Kekuatan Anda, Biarkan Diri Anda Terdesak
            Seperti sebelumnya, lingkungan dan sikap yang tepat dapat membantu mengaktivasi gen baik dan membantu kita meraih potensi. Untuk menyalurkan potensi besar kita, kita harus berada dalam posisi yang tersudut. Seekor tikus yang tersudut akan menyerang seekor kucing. Kazuo menemukan bahwa cara terbaik untuk melakukan hal tersebut adalah dengan “membayar kebutuhan kita sendiri”, dengan kata lain jika ingin sukses mencapai tujuan, kita harus berinvestasi di dalamnya. “Investasikanlah tabunganmu dalam penelitianmu selama tiga tahun pertaman, bahkan jika engkau harus membujuk keluargamu agar mengizinkanmu melakukannya” Begitulah yang dikatakan Kazuo. “Membayar kebutuhan anda sendiri” adalah salah satu cara pasti untuk memasukkan resiko ke dalam hidup kita, yaitu resiko yang memaksa kita berjuang lebih keras lagi untuk mencapai tujuan kita.

Ciri-Ciri Orang yang Gen Bermanfaatnya Telah Menyala
            Orang-orang yang sukses dan telah mendapatkan hasil yang mereka inginkan memilki satu hal yang sama, mereka memiliki pandangan yang positive dalam hidup dan mengabdikan dirinya semata-mata untuk pekerjaan yang tengan dikerjakannya tanpa mengkhawatirkan masa depan.

Gen dan Kemampuan Setiap Individu Itu Unik
            Tidak ada dua set gen atau “genom” yang persis sama. Bagian-bagian susunan genetic kita yang tidak terlalu penting sedikit bervariasi dari satu orang ke orang berikutnya. Setiaap orang dianugerahi kemampuan yang luar biasa. Sebuah system yang terstandarisasi tidak akan mungkin dapat memanen kapasitas dari setiap murid yang harus tes dan ujian untuk masuk universitas. Menghafal adalah sebuah kemampuan yang penting, tetapi tidak selalu kompatibel dengan mencari penemuan-penemuan baru maupun menciptakan sesuatu yang baru. Banyak pemenang Hadiah Nobel bukan pelajar yang menonjol. Pendidikan masa kini sepertinya hanya menghafalkan, menjejalkan kata-kata ke dalam kepalamu, kemudian menumpahkannya di atas kertas. Komentar Kenichi Fukui (pemenang Hadiah Nobel dalam bidang Kimia pada 1981).
            Terus mempertahankan system pendidikan di seluruh dunia yang menekankan pada penghafalan berulang-ulang dan kepatuhan pada peraturan tanpa harus berpikir, sungguh tidak bijaksana, karena nilai dari “kepandaian” jenis ini tengah menurun drastis. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi pada pembentukan sumber daya manusia, teknologi, dan property intelektual yang berharga dan akan bermanfaat bagi seluruh umat manusia.
            Setiap orang memiliki berbagai harapan, tetapi hanya sedikit yang dapat mencapai mimpi-mimpi itu. Jika kita dapat menyalakan gen kita, dengan tiga miliar keeping informasi yang mereka miliki, apapun mungkin terjadi. Kini setelah para ilmuwan mulai meneliti pikiran manusia lebih jauh, kitapun mulai menyadari bahwa kita dapat menyalurkan potensi yang tak digunakan ini. Agar mendapatkan kehidupan yang lengkap dan bahagia, kita harus menggunakan pikiran untuk mengaktifkan gen kita. Menghadapi hal-hal baru, informasi baru, dan lingkungan baru adalah kesempatan yang tepat untuk menstimulasi gen-gen yang padam. Keyakinan ini didasari oleh semua penelitiaan ilmiah yang relevan yang telah dihasilkan hingga saat ini.

BAB 4
Pelajaran Mengenai Kehidupan dari Dalam Lab

“Ilmu Pengetahuan Malam”
Menghasilkan Penemuan-Penemuan Hebat
            Seorang mahasiswa tengah melakukan percobaan, namun usahanya selalu gagal walaupun ia mematuhi kata demi kata instruksi profesornya. Karena frustasi, Ia pun memasukkan suatu zat yang sepertinya benar-benar tidak ada hubungannya dengan instruksi tersebut. Fusi atau penggabunganpun terjadi dan sebuah penemuan baru ditemukan. Bahkan kegiatan-kegiatan yang tidak ada hubungannya seperti kebiasaan bertukar berita pada saat acara kumpul keluarg dapat berujung pada sebuah penemuan yang hebar.
            Kazuo menyebut aspek di balik layar tersebut sebagai “Ilmu Pengetahuan Malam”. Ilmu Pengetahuan Siang bersifat rasional dan objektif dengan logika yang jelas dan teratur. Di lain pihak, Ilmu Pengetahuan Malam mengambil petunjuk-petunjuk penting dari intuisi, inspirasi, dan pengalaman-pengalaman yang tidak biasa dengan kata lain, dari kemampuan manusia dan kejadian-kejadian yang tidak biasanya dihubungkan oleh para ilmuwan. Kita bias menyebut, Ilmu Pengetahuan Siang adalah hasil yang nyata dari penelitian, sedangkan Ilmu Pengetahuan Malam adalah sebagian proses perwujudan hasil-hasil tersebut. Sebagian besar penemuan ilmiah yang besar sesungguhnya dimulai dari ilmu pengetahuan malam. Jika ilmu pengetahuan siang mewakili cara piker menggunakan otak kiri, maka ilmu pengetahuan malam mewakili otak kanan atau cara pikir genetik. Pengetahuan dan informasi memang peralatan yang penting, tetapi jika ilmuwan hanya mengandalkan ilmu pengetahuan siang, mereka bias dirugikan, karena dapat menyebabkan mereka mengambil langkah yang terlalu berhati-hati terhadap inovasi. “ketidaktahuan adalah berkah” karena ketidaktahuan membiarkan kita untuk selalu penasaran terhadap suatu inovasi-inovasi baru.
            Leo Ezaki, kepala Universitas Tsukuba dan penerima Hadiah Nobel dalam bidang fisiologi atau kedokteran pada 1973, memiliki dagtar hal yang harus dan tidak boleh dikerjakan agar menjadi seorang pemenang Hadiah Nobel:
(1) jangan biarkan diri Anda terperangkap dalam konvensi (kesepakatan umum)
(2) jangan menimbun pengetahuan, dan
(3) singkirkan informasi yang tidak diperlukan untuk menyediakan ruangan bagi pengetahuan baru.

Kegagalan Bukanlah Suatu Pilihan jika Anda Memiliki Kegigihan
            Selama dua puluh tahun, pendapat orang-orang dalam dunia ilmiah mengenai subjek renin yang berpotensi menyembuhkan hipertensi terbagi dua, dan mayoritas para ilmuwan mendukung hipotesis bahwa renin tidak terdapat dalam otak. Namun, berdasarkan beberapa potong bukti tak langsung, Kazuo dan rekan-rekannya yakin bahwa renin dapat ditemukan di dalam otak.
            Peenelitian itu membutuhkan satu milligram renin untuk materi riset, dan untuk medapatkannya akan memerlukan antara tiga puluh dan empat puluh ribu otak sapi. Memang jumlah yang sangat besar. Kenyataannya, tidak ada cara untuk menebak bagaimana hasil yang akan didapat nanti. Seorang pemimpin memutuskan bahwa suatu tujuan bisa dicapai, orang-orang di sekelilingnyapun akan memercayai hal itu. Banyak kegagalan dalam hidup, tetapi setiap kegagalan tersebut dimulai dari saat kita berpikir bahwa kita akan gagal.
            Sayangnya, setelah melalui segala kerja keras tersebut, hasilnya hanya berjumlah 0.5 miligram renin, artinya hanya separuh dari jumlah yang diperkirakan. Jumlah itu sangat kecil bahkan tidak bias dilihat dengan mata telanjang. Tetapi setidaknya Kazuo dan rekan-rekannya telah berhasil memurnikan renin dari otak.
            “Penelitian yang sukses tidak bergantung pada tingkat akademik orang yang melkukannya, tetapi lebih kepada menjadi seseorang yang Bangkit Pertama”

Tidak Ada Garis Akhir dalam Ilmu Pengetahuan
            Meskipun telah berhasil mengakhiri sebuah perdebatan internasional, tetapi jumlah renin sama sekali tidak cukup untuk tujuan akhir Kazuo, yaitu memecahkan kode genetik renin. Karena renin telah ditemukan dalam ginjal manusia, Kazuo dan rekan-rekannya memutuskan bahwa lebih mudah untuk menyaring renin dari ginjal daripada otak.
            Institute Pasteur yang sudah melangkah 80% mengintimidasi Kazuo. Shigetada Nakanishi, seorang professor di Universitas Tokyo yang ahli rekayasa genetik meyakinkan Kazuo untuk menyelesaikan proyek kode genetic renin manusia. Nakanishi juga menawarkan labnya untuk membantu Kazuo. Hal tersebut sangat membuat Kazuo merasa terbantu.

Pikiran yang Bersungguh-Sungguh Dapat Menular
            Orang-orang Jepang sering berkata, “keinginan yang bersungguh-sungguh dapat mencapai langit” tetapi pengalaman beranggapan bahwa mungkin pemikiran yang bersungguh-bersungguh seperti itu sebenarnya dialirkan menuju gen dalam sel-sel kita dan bukan ke langit.

Hasil Penelitian yang Baik Bergantung pada Intuisi
            Untuk mendapatkan hasil penelitian yang baik, seorang ilmuwan perlu menggunakan intuisinya. Bahkan, sebagian orang percaya bahwa intuisi dapat menentukan sukses atau tidaknya sebuah proyek riset. Kita tahu, bahwa mengikuti intuisi kita adalah langkah cerdas, tetapi jarang kita menghubungkannya dengan hasil nyata dalam hidup kita.


Kesimpulan
            Dalam diri tiap-tiap manusia terdapat potensi yang sangat luar biasa yang berbeda dengan individu yang lain. Untuk mengembangkan potensi kita, janganlah takut untuk melangkah. Jangan takut untuk mencoba hal-hal yang baru. Untuk mendapatkan inovasi, janganlah terfokus pada akademis, karena ilmuwan-ilmuwan yang temuannya sukses adalah ilmuwan yang selalu penasaran terhadap hal-hal yang baru dan hal-hal yang tidak mungkin. Untuk memecahkan suatu permasalahan, kita harus menggali informasi-informasi dari berbagai orang dan berbagai sumber. Kita juga harus solid ketika berorganisasi dalam memecahkan masalah. Jika kita ingin sukses dalam mengerjakan suatu apapun, kita harus selalu berfikir positive. Berfikir bahwa kita bisa melakukan hal yang tidak mungkin bisa dilakukan dan tidak merasa terjatuh ketika terintimidasi oleh pihak lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar