Gemericik air yang turun menghadirkan angan yang melukis senyummu. Kala itu.

Minggu, 22 Maret 2015

UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) MATAKULIAH ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR



Ketentuan ;
a.      Ujian tengah semester bersifat text home
b.      Ujian dikerjakan dengan ditulis tangan dilembar jawaban kertas folio bergaris
c.       Pengumpulan naskah jawaban ujian dilakukan pada ketua kelas masing-masing


SOAL
1.      Jelaskan apa yang anda ketahui tentang tentang hakekat manusia sebagai makhluk individu, social dan budaya serta hubungan manusia dengan peradaban ?

2.      Ilmu Budaya Dasar bukanlah ilmu mengenai kebudayaan saja atau sejenisnya , melainkan ilmu yang di harapkan mampu menjadikan manusia yang mempelajari lebih berbudaya atau lebih manusiawi. Coba saudara jelaskan faktor yang paling utama dalam pembentukan manusia berbudaya ?

3.      Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya bangsa. Menurut saudara, bagaimanakah cara terbaik untuk melestarikan budaya bangsa yang positif dan menjadi identitas khas bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa lain?

4.      Agama merupakan tali pengikat sosial masyarakat, tetapi agama dapat pula menjadi pemicu konflik di masyarakat. Apa pendapat saudara terhadap pernyataan tersebut?

5.       Dewasa ini wacana tentang globalisasi dan modernisasi, kedua isu ini dianggap sangat penting dalam perkembangan kebudayaan suatu daerah, namun globalisasi dan modernisasi memiliki dampak negative. Menurut pendapat saudara bagaimana cara untuk menghindari dampak negative dari globalisasi dan modernisasi ?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar